Gadgets
Now Reading
Xiaomi Redmi Note 3 Review
0
Review

Xiaomi Redmi Note 3 Review

by December 27, 2015
Overview
Specifications

Processor Mediatek MT6795 Helio X10 - Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPU PowerVR G6200
Internal : 16 GB w/ 2 GB RAM or 32 GB w/ 3 GB RAM
Screen 5.5" Full HD w/ IPS Panel (403 PPI)
Primary Camera 13 MP, f/2.2, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash.
Front Camera 5MP, f/2.0, 1080p.
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth v4.1, A2DP, LE
Infrared Port
microUSB v2.0, USB On-The-Go
Sensors: Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
Battery 4,000 mAh
Dual SIM Card with 4G LTE Connectivity

Features

Fast battery charging
Fingerprint Sensor
Slow Motion Video, Timelapse
Active noise cancellation with dedicated mic
XviD/MP4/H.265 player
MP3/WAV/eAAC+/Flac player
Photo/video editor
Document viewer

Manufacturer

Xiaomi

Dimensions

150 x 76 x 8.7 mm
164g

Rating
Our Rating
User Rating
Rate Here
Usability
9.0
6.6
Fun Factor
9.0
8.0
Quality
8.5
10
Durability
8.5
10
Uniqueness
8.0
10
Playability
8.8
10
Plot
8.5
2.8
Materials
9.0
5.4
8.7
Our Rating
7.9
User Rating
3 ratings
You have rated this

Di akhir tahun 2015 ini, Xiaomi memberikan sebuah kejutan atau kado bagi penggemar gadget. Yaitu dengan diluncurkannya Redmi Note 3. Cukup mengejutkan karena Redmi Note 2 baru diluncurkan sekitar 4 bulan yang lalu, tetapi saya merasa lagi lagi Xiaomi memberikan sebuah gebrakan melalui produk ini.

redmi-note-3-15

DESIGN

Yang ingin ditonjolkan oleh Xiaomi di Redmi Note 3 ini adalah desain-nya yang cantik dan premium. Phablet ini menggunakan full metal unibody design. Saya tidak tahu apakah bahan yang dipakai adalah aluminium asli atau hanya plastik dengan finishing seperti metal seperti yang digunakan oleh samsung di beberapa lini produknya. Tetapi yang pasti build quality-nya cukup kokoh, dan terlihat sangat premium. Dari yang saya lihat, saya percaya bahwa Xiaomi memakai full aluminium asli di Redmi Note 3 ini.

[Update] : Desainnya menggunakan Aluminium, tetapi di atas dan bawah bagian belakangnya menggunakan plastik dengan finishing metal.

redmi-note-3-2

Sayangnya ada harga yang harus dibayar dari design yang premium tersebut, yakni ditiadakannya slot microSD dan baterai-nya tidak bisa digonta ganti. Posisi tombol power dan volume berada disebelah kanan, lalu disebelah kiri terdapat slot Dual SIM Card. Di posisi atas terdapat IR Blaster, audio jack, dan mic kedua untuk noise reduction. Di bagian bawah terdapat micro USB port, dan mic utama. Terdapat kamera 13MP, dual LED flash, sensor sidik jari (fingerprint sensor), dan speaker di bagian belakang Xiaomi Redmi Note 3 ini.

redmi-note-3-3

Phablet dari Xiaomi ini memiliki dimensi 150 x 76 x 8.7mm dengan berat sekitar 164g. Dari segi desain dan berat menurut saya sangat meningkat jauh dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note generasi pertama. Saya ingat sekali sewaktu pertama kali memegang Redmi Note pertama terkesan seperti memegang sebuah blok keramik yang berat. Phablet ini menggunakan capacitive button dan memiliki backlight sehingga sangat membantu saat pencahayaan sedang gelap.

redmi-note-3-5

SPECIFICATIONS

Untuk spesifikasinya cukup mirip dan bahkan sama dengan pendahulunya yaitu Xiaomi Redmi Note 2. Berikut adalah beberapa point spesifikasinya :

  • Prosesor Mediatek MT6795 Helio X10. Pure octa-core 2.0 GHz.
  • GPU PowerVR G6200.
  • RAM 2/3 GB. ROM 16/32 GB.
  • 5.5 inchi Full HD dengan Panel IPS.
  • Baterai sebesar 4,000 mAh.
  • Fast Charging.
  • Kamera Belakang 13 MP, f/2.2, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash.
  • Kamera Depan 5MP,  f/2.0, 1080p.
  • MIUI 7 berbasis Android 5.0.2 Lollipop.
  • Dual SIM – 4G LTE

redmi-note-3-4

DISPLAY

Redmi Note 3 masih menggunakan layar 5.5” dengan resolusi Full HD (403 PPI) dan panel IPS. Kualitas layarnya tidak perlu diragukan. Viewing angle sangat luas, dan terlihat sangat tajam. Sayangnya Xiaomi tidak menyematkan kaca pelindung seperti Gorilla Glass di perangkat ini.

redmi-note-3-8

Disini kita juga dapat men-setting tone warna dan kontras. Lalu yang menarik adalah Xiaomi menyematkan Sunlight Display untuk perangkat ini. Untuk diketahui, sunlight display berbeda dengan auto brightness karena fitur ini akan mengubah kontras pada gambar atau video yang ditampilkan.

PERFORMANCE

Xiaomi masih menggunakan prosesor high end dari MediaTek yaitu Helio X10. Prosesor pure octa-core dengan clock 2GHz. Lalu ditopang dengan GPU PowerVR G6200 dan pilihan RAM antara 2 atau 3GB. Spesifikasi tersebut membuat performa phablet ini cukup lancar, dan saya tidak menemukan kendala berarti sewaktu bermain game dari yang ringan sampai yang berat. Bermain Asphalt 8 pun terasa nyaman. Antutu score untuk Redmi Note 3 ini setelah saya test adalah sekitar 45000.

Terdapat 2 pilihan memory untuk Redmi Note 3, yaitu 16GB dengan RAM 2GB atau 32GB dengan RAM 3GB. Device yang kami coba adalah versi Internal memory 16GB. Dan yang available untuk digunakan adalah sekitar 12.5 GB.

Yang juga ditonjolkan oleh Xiaomi untuk perangkat ini adalah baterainya yang berkapasitas 4000mAh. Baterainya cukup awet dan bisa tahan sekitar 1.5-2 hari pemakaian normal atau bahkan lebih. Screen on time-nya mencapai antara 4 sampai 5 jam. Xiaomi juga menyematkan fast charging di perangkat ini, untuk mencharge baterai dari 20% menjadi full hanya dibutuhkan waktu sekitar 2,5 jam. Cukup cepat mengingat kapasitas baterai-nya yang besar.

redmi-note-3-10

Xiaomi sudah menyematkan MIUI 7 terbaru untuk phablet ini dan sudah berbasis Android Lollipop 5.0.2. Setelah kami coba MIUI 7 memang performanya terasa lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya, tetapi mungkin ini juga pengaruh dari hardware Xiaomi Redmi Note 3 yang memang sudah sangat mumpuni.

CAMERA

Perangkat ini memiliki kamera belakang 13MP Samsung dengan f/2.2 dan kamera depan 5MP OmniVision dengan f/2.0. Saya cukup terkesan dengan fitur dan kinerja kameranya. Kameranya menggunakan Phase Detection Auto Focus (PDAF), Yaitu sistem autofocus yang biasa digunakan di kamera DSLR. Kinerja PDAF sangat baik jika dibandingkan dengan sistem AF biasa. 

redmi-note-3-9

Saya mencoba membandingkan dengan kamera LG G4 yang menggunakan laser autofocus yang juga memiliki kinerja yang cepat. Dan saya akui autofocus dari Redmi Note 3 cepat dan bisa menandingi LG G4. Terdapat juga mode manual untuk pengambilan foto, tetapi sayang hanya terbatas pada ISO dan White Balance saja.

Untuk video, terdapat 2 settingan autofocus. Yang pertama adalah tap to autofocus dan yang cukup mengejutkan adalah terdapat fitur continuous autofocus. Dan fitur tersebut saat kami coba cukup lancar. Yang juga cukup menarik adalah terdapat fitur timelapse dan slow motion video. Slow motion video setelah kami coba cukup menarik dan lumayan halus, tetapi kualitas dan ketajamannya menjadi menurun.

FEATURES

Salah satu point utama yang ditonjolkan oleh Xiaomi adalah terdapat sensor sidik jari (fingerprint sensor) pada perangkat Redmi Note 3 ini. Biasanya fitur tersebut hanya terdapat pada perangkat kelas atas saja, tetapi secara mengejutkan Xiaomi menyematkannya di lini perangkat kelas bawah mereka.

redmi-note-3-1

Xiaomi juga mengklaim bahwa sensor sidik jari di perangkat ini memiliki kecepatan 0.3 detik. Dan sepertinya Xiaomi tidak sembarangan mengklaim. Fingerprint sensor redmi note 3 memang sangat cepat. Dan posisi-nya sangat nyaman dan cocok diletakkan dibelakang, mengingat ukuran smartphone ini yang cukup besar.

Redmi Note 3 juga sudah mendukung OTG. Untuk mengcopy file sangat lancar. Menonton video Full HD langsung dari flashdisk-nya pun juga sangat lancar. Lalu terdapat pula IR Blast yang berguna sebagai remote untuk barang elektronik di rumah seperti TV, AC, dan sebagainya. Xiaomi menyematkan IR Blast mgkn sebagai investasi jikalau kedepannya nanti kita akan memakai produk Xiaomi lainnya seperti Mi TV.

redmi-note-3-7

CONCLUSION

Yang menggembirakan adalah produk dengan segala fitur tersebut dibanderol dengan harga 2 jutaan saja. Itulah alasan saya mengapa menurut saya, Xiaomi lagi lagi memberikan gebrakan melalui produk ini. Jika kita lihat, biasanya produsen hanya memfokuskan di spesifikasi dibandingkan desain untuk produk-produk low end mereka.

Tetapi di Redmi Note 3 ini, Xiaomi sangat memanjakan pengguna smartphone low end dengan memberikan spesifikasi, fitur, dan desain sekelas smartphone high end. Saya secara pribadi senang dengan langkah Xiaomi ini, yang menurut saya bersinergi dengan filosofi Google melalui Android-nya, yaitu agar semua kalangan bisa dan layak menggunakan smartphone yang canggih.

redmi-note-3-6

Saya sangat yakin bahwa Xiaomi Redmi Note 3 adalah sebuah produk game-changer dari Xiaomi, dan saya percaya kedepannya produk-produk low to mid-end dari produsen lain akan memiliki desain dan fitur kelas perangkat high-end.

Klik link berikut jika anda tertarik untuk membeli-nya: https://goo.gl/zi2XZc

Simak video review dari Xiaomi Redmi Note 3 disini :

What's your reaction?
Love It
40%
Interested
60%
Meh...
0%
What?
0%
Hate It
0%
Sad
0%
About The Author
Hendrik Gunawan
Saya adalah seorang penikmat film, dan juga sangat suka mengikuti perkembangan teknologi. Saya merasa melalui teknologi, kita bisa membuat dunia menjadi lebih baik.

Leave a Response

Usability
Fun Factor
Quality
Durability
Uniqueness
Playability
Plot
Materials