Gadgets
Now Reading
Xiaomi Meluncurkan Kamera Mirrorless Xiao Yi M1
0

Xiaomi Meluncurkan Kamera Mirrorless Xiao Yi M1

by Hendrik GunawanSeptember 20, 2016
Overview
Specifications

Sensors: Micro Four Thirds, CMOS Sony IMX269. With 3.3 micron pixel size.
Pixels: 20 Megapixels.
ISO: Auto, 100-25600.
Shutter Speed: 60s - 1/4000.
File Format: DNG (RAW), JPEG.
Autofocus: Contrast Detection AF, 81 Focus Points. Supports AF-C.
Video Format: MPEG-4, H.264.
Video: 4K - 30fps; 2K - 30fps; FULL HD/HD - 24fps, 30fps, 60fps; VGA - 240fps.
LCD: Fixed TFT LCD 3" Touchscreen. 720 X 480 Pixels.
Flash: No Built-In Flash. Support Ext. Flash via Hot-Shoe.
Continous Shot: 5fps.
Microphone: Built-In Stereo Mic. No Audio Jack.
Speaker: Mono.
Storage: SD/SDHC/SDXC Up To 512GB.
Connectivity: Bluetooth 4.1 Low Energy, WiFi, USB 2.0, Micro HDMI.
Others: Timelapse Recording, Panorama.

Secara mengejutkan Xiaoyi, sebuah anak perusahaan Xiaomi yang fokus pada produk kamera, meluncurkan sebuah produk kamera mirrorless. Mengingat biasanya produk smartphone Xiaomi itu identik dengan harga yang terjangkau untuk spesifikasi yang ditawarkan, maka saya juga sangat penasaran dengan kamera Mirrorless Xiaoyi M1 ini. Untuk itu saya mencari-cari berita lengkapnya dan mengunjungi website resmi produknya dan mari kita lihat informasinya.

xiaoyi-m1-13

Kamera mirrorless ini memakai sensor CMOS Micro Four Thirds (MFT) Sony IMX 269, yang beresolusi 20MP dengan ukuran pixel 3.3 micron. Walaupun resolusinya 20MP, tapi terdapat sebuah fitur di kamera ini yang dapat mengambil gambar dengan resolusi sebesar 50MP. Saya kurang tau secara teknisnya mengapa bisa demikian, Mungkin Xiaoyi memakai teknologi yang mirip dengan Nokia 1030.

xiaoyi-m1-2

Kamera ini memiliki ISO range 100-25600, lalu shutter speed antara 60s – 1/4000. Bisa mengambil foto memakai mode burst shot dengan kecepatan 5fps. Selain itu sudah disediakan juga mode panorama, dan apps professional guide yang dikatakan fitur ini akan membuat kita seperti ditemani seorang guru professional yang akan membimbing kita dalam mengambil foto yang bagus.

Untuk Autofocus sayangnya hanya disematkan contrast detection AF, belum menggunakan phase detection AF atau hybrid AF (seperti yang disematkan di kamera saya Samsung NX300). Phase detection merupakan teknologi autofocus yang kinerjanya lebih cepat dibandingkan dengan contrast detection. M1 juga memiliki 81 titik autofocus, yang menurut saya sudah cukup banyak.

M1 Bisa mengambil video sampai dengan resolusi 4K 30fps dalam format MPEG-4 H.264. Tersedia juga resolusi 2K – 30fps, FULL HD & HD – 24, 30, dan 60fps, lalu resolusi VGA dengan 240fps. Kamera ini dilengkapi dengan speaker mono dan built-in microphone stereo, tetapi sayangnya tidak terdapat jack audio. Jadi fitur video-nya menurut saya cukup lumayan untuk kamera di kelasnya.

XiaoYi M1 ini dibekali juga dengan TFT LCD sebesar 3-inchi dengan resolusi 720 X 480. Karena tombol pengoperasiannya sedikit dan simple, maka LCD-nya ditanamkan teknologi touchscreen yang diandalkan untuk mengoperasikan setting kamera. Mereka sih bilang kalau pengoperasian setting kamera ini akan sangat mudah dengan bantuan UI yang semudah smartphone. Kalau saya sih kurang suka dengan hal ini, bagi saya lebih cepat mengoperasikan kamera melalui tombol fisik. Kebetulan kamera Samsung NX300 saya juga memiliki UI yang cukup mudah dioperasikan dan terdapat fitur untuk setting kamera melalui LCD, tapi saya tetap lebih suka menggunakan tombol-tombol fisiknya yang untungnya masih disediakan cukup banyak oleh Samsung. Tapi saya belum mencoba XiaoYi M1 ini jadi mungkin saja memang akan lebih mudah, dan lagipula memang kamera ini sepertinya bukan untuk menyasar fotografer professional.

Tetapi posisi LCD-nya fixed alias tidak bisa diputar. Hal itu merupakan kabar buruk bagi pengguna yang suka selfie atau ingin mengambil video blog (VLog), yang saya yakin merupakan sasaran utama kamera mirrorless ini.

xiaoyi-m1-3

XiaoYi menyiapkan 2 buah lensa untuk mendampingi M1 ini. Yang pertama adalah lensa zoom standard 12-40mm F3.5-5.6, dan yang kedua adalah lensa prime 42.5mm (equivalent 85mm) dengan F1.8 dan yang cukup menarik disediakan mode Macro di lensa ini. Tetapi menurut dpreview, lensa 42mm ini anehnya tidak bisa menggunakan manual focus. Walaupun terdapat focus ring-nya, tetapi hal tersebut sepertinya hanya sebagai kosmetik saja. Saya kurang tau apakah ini disengaja atau terdapat masalah di software-nya dan bisa diatasi kedepannya melalui firmware update.

Lalu Xiaoyi M1 ini memakai mount MFT jadi bagi yang mempertimbangkan koleksi lensa-nya tidak perlu terlalu khawatir karena sepertinya bisa dipasang lensa MFT lainnya.

Nah seperti biasa, yang biasanya bikin saya paling penasaran dengan produk yang berhubungan dengan Xiaomi adalah harganya. Kamera Mirrorless XiaoYi M1 ini dibanderol dengan harga 2199 Yuan (atau sekitar 4.5 juta rupiah) dengan bundling lensa zoom standard. Lalu jika ingin bundling dengan 2 lensa-nya sekaligus kita cukup membayar 2999 yuan (sekitar 6 juta rupiah). Menurut saya harga tersebut cukup murah untuk fitur di kelasnya, walaupun saya harus mencoba langsung untuk membuktikannya. Lalu dilihat dari harga, spesifikasi, dan fiturnya sepertinya memang kamera ini lebih menyasar ke konsumen basic dan pengguna digital camera yang baru ingin naik kelas atau ingin belajar kamera lebih dalam.

Source: Xiaoyi, Dpreview.

xiaoyi-m1-1b

What's your reaction?
Love It
100%
Interested
0%
Meh...
0%
What?
0%
Hate It
0%
Sad
0%
About The Author
Hendrik Gunawan
Saya adalah seorang penikmat film, dan juga sangat suka mengikuti perkembangan teknologi. Saya merasa melalui teknologi, kita bisa membuat dunia menjadi lebih baik.

Leave a Response