Gadgets
Now Reading
Trend Micro Menemukan Kerentanan OS Android Yang Mengakibatkan Perangkat Menjadi Silent
0

Trend Micro Menemukan Kerentanan OS Android Yang Mengakibatkan Perangkat Menjadi Silent

by Hendrik GunawanJuly 30, 2015

Melalui blognya, Trend Micro melaporkan bahwa mereka menemukan kelemahan di OS Android yang sangat rentan terhadap serangan malware atau virus. Kerentanan tersebut bisa menyebabkan perangkat Android menjadi silent, tidak dapat melakukan panggilan telepon, dan layar mati, dan masalah tersebut terdapat dari versi Android 4.3 (Jelly Bean) sampai dengan 5.1.1 (Lollipop). Masalah ini telah dilaporkan oleh mereka dari akhir bulan Mei kemarin dan sampai sekarang belum terdapat perbaikan.

Kerentanan ini terdapat di mediaserver service, yang digunakan oleh sistem Android untuk mengindeks media files yang terdapat di perangkat. Service tersebut tidak dapat memproses file yang menggunakan Matroska container (umumnya file yang berkestensi .mkv) yang cacat. Pada saat membuka file MKV yang cacat, service tersebut akan terjadi crash dan setelah itu OS Android juga akan ikut crash. Pada saat terjadi crash, perangkat Android akan mengalami hal seperti :

  • Tidak akan terdengar suara notifikasi dari telepon masuk, SMS, dan notifikasi lainnya. Pengguna juga tidak akan dapat mengetahui ada panggilan/sms yang masuk, bahkan tidak dapat mengangkat telepon.
  • Kemungkinan UI akan menjadi lambat dan tidak responsif. Jika pengguna mengunci perangkat, maka perangkatnya tidak akan bisa dibuka kembali.

Video dibawah ini dapat menjadi contoh dari kerentanan tersebut :

Trend Micro menjelaskan ada 2 cara serangan jahat yang bisa dilakukan untuk melumpuhkan sistem Android melalui kerentanan ini. Yang pertama dengan cara menjebak user untuk membuka sebuah website yang sudah diselipkan malware untuk menyerang perangkat, dan dengan cara menyelipkan malware melalui aplikasi yang diunduh. Untuk lebih detailnya anda bisa membaca blog Trend Micro. Semoga Android dapat memperbaiki kerentanan ini agar OS yang populer ini bisa semakin aman dari serangan jahat.

via Trend Micro.

What's your reaction?
Love It
0%
Interested
0%
Meh...
0%
What?
0%
Hate It
0%
Sad
0%
About The Author
Hendrik Gunawan
Saya adalah seorang penikmat film, dan juga sangat suka mengikuti perkembangan teknologi. Saya merasa melalui teknologi, kita bisa membuat dunia menjadi lebih baik.

Leave a Response