Gadgets
Now Reading
Sekitar 600 juta Handphone Samsung Rentan Terhadap Pencurian Data
0

Sekitar 600 juta Handphone Samsung Rentan Terhadap Pencurian Data

by HengkyJune 17, 2015

Hati-hati untuk para pengguna Swiftkey Keyboard karena NowSecure telah melaporkan tentang rentannya  aplikasi keyboard yang terinstall pada ponsel Samsung Galaxy . Jika dieksploitasi, seorang hacker bisa memperoleh akses ke telepon, memonitor dari jarak jauh , menginstal malware, atau bahkan mencuri data pribadi. Sesuai laporan, lebih dari 600 juta smartphone Samsung yang memiliki keyboard SwiftKey telah terkena.

Ryan Welton, spesialis keamanan mobile di NowSecure, menemukan bahwa aplikasi SwiftKey  diakali untuk men-download update paket bahasa melalui koneksi terenkripsi dalam teks biasa. Jadi “ia” akan menyamar dalam language packs dan mengambil kendali dari smartphone anda.

Setelah “ia” masuk ke smartphone anda, “ia” akan membuka akses kepada sang hacker. Data telepon, pesan, dan semuanya terkena bahkan tanpa meninggalkan petunjuk kepada pengguna.

Namun untuk saat ini, hanya  aplikasi SwiftKey pra-instal saja yang dilaporkan terkena, bukan aplikasi yang didownload dari Google Play Store atau Apple iOS Store. Sampai ada patch dirilis untuk ponsel Samsung, disarankan agar para pengguna untuk menggunakan Google Keyboard atau keyboard pihak ketiga lainnya dalam waktu yang tidak dapat ditentukan.

Sumber: NowSecure

What's your reaction?
Love It
0%
Interested
0%
Meh...
0%
What?
0%
Hate It
0%
Sad
0%
About The Author
Hengky
Karyawan kantoran yang demen ngobrol soal gadget terutama smartphone.

Leave a Response