Gadgets
Now Reading
Review Redmi 4X: Bergaransi Resmi dan Bisa 4G
0

Review Redmi 4X: Bergaransi Resmi dan Bisa 4G

by HengkyApril 30, 2017

Xiaomi di tahun ini akhirnya bisa memenuhi persyaratan TKDN di Indonesia, dan dalam 2 bulan ini mereka sudah meluncurkan beberapa produk low to mid end yang sudah 4G tentunya. Salah satunya adalah Xiaomi Redmi 4X yang garansi resminya dihargai 2,1 juta rupiah. Inilah review Redmi 4X dari kami.

4x002

 

Menurut saya Redmi 4x punya desain yang cantik, apalagi mengingat harganya yang cukup terjangkau. Bagian depannya sudah menggunakan kaca 2.5D yang membuatnya terlihat elegant. Lalu bagian belakangnya menggunakan bahan metal. Body belakangnya ini mudah sekali meninggalkan bekas sidik jari, dan bahannya lumayan licin, walaupun tidak selicin Asus Zenfone 3 Laser. Ada 2 aksen garis antena yang sedikit menambah kecantikannya. Secara keseluruhan, desain Redmi 3 ini cukup mirip dengan iPhone 7, apalagi di bagian depannya. Ukurannya juga compact dan enak dipegang. Layarnya yang sebesar 5 inchi ini sudah mengggunakan panel IPS dan beresolusi HD 720P. Kualitas layarnya bagus dan juga memiliki warna yang baik.

Seperti seri Redmi sebelumnya, Redmi 4X ini mempunyai tombol kapasitif yang tidak ada backlight-nya. Disini warnanya putih dan tipis sekali, hampir tidak terlihat. Secara estetika mungkin bagus, tapi secara fungsional kurang. Sensor sidik jarinya ada di bagian belakang dan kinerjanya lumayan cepat. Lalu posisi speaker ada di bawah, dan hanya ada di 1 sisi saja. Untuk kualitasnya menurut saya lumayan, hanya bass-nya sedikit kurang.

 

Disisi hardware, Redmi 4X menggunakan CPU Snapdragon 435 yang sebetulnya termasuk kelas (agak) mid-end. Prosesor octa-core 64bit ini punya clock speed 1.4GHz dan berbasis cortex A-53. GPU-nya Adreno 505 yang menurut saya kinerjanya termasuk baik di kelasnya, apalagi katanya 505 akan mendukung Vulkan API. Buat main game berat, tidak ada masalah, masih nyaman dimainkan dan cukup lancar, jadi walaupun kadang ada sedikit frame drop tapi tidak sampai mengganggu kenyamanan bermain.

Multi-taskingnya juga lancar, mungkin karena RAM-nya yang cukup besar yaitu 3GB. Jadi MIUI juga tidak terasa berat untuk dijalankan di smartphone ini. Internal memory-nya sebesar 32GB, dan masih bisa diekspansi menggunakan microSD. Tapi sayangnya slot-nya hybrid, jadi kalau kamu mau menggunakan microSD, harus mengorbankan fitur dual sim-nya.

 

Karena sudah lolos TKDN, jadi 4G aman di hp ini. Redmi 4X sudah menggunakan MIUI terbaru 8.2 tapi masih berbasis Android Marshmallow. Yang cukup menarik di MIUI ini yaitu adanya fitur second space dan dual apps. Second space berguna untuk membuat 2 profile di satu hp, jadi kamu seperti memiliki ada 2 device di 1 hp. Sedangkan dual apps itu untuk menggandakan aplikasi, jadi contohnya bisa login 2 account Whatsapp yang berbeda di 1 hp.

Kamera belakang Redmi 4x beresolusi 13MP, dengan bukaan f/2.0. Untuk hp dikisaran harganya,  auto fokusnya termasuk cepat yang menurut saya dikarenakan adanya fitur phase detection auto focus. Mode-nya lumayan banyak seperti mode manual, tapi sayangnya hanya bisa untuk mengatur white balance dan ISO. Untuk hasilnya sendiri menurut saya lumayan baik di kelas-nya. Dalam kondisi lumayan terang, saya masih sering mendapatkan foto yang hasilnya baik. Dynamic range-nya cukup baik dan dalam kondisi low light juga tidak terlalu buruk untuk hp dikisaran harganya.

This slideshow requires JavaScript.

Kamera depannya beresolusi 5MP dengan bukaan F 2.2 dan hasil fotonya tergolong baik. Untuk perkeaman video, kamera belakang Redmi 4X ini bisa merekam video maximal Full HD. Hasilnya tergolong lumayan baik juga ketika kondisi terang. Tapi dalam kondisi low light, frame rate-nya turun menjadi hanya 14fps.

This slideshow requires JavaScript.

Kapasitas baterainya sebesar 4100mAh dan menurut saya cukup awet ya, bisa bertahan seharian. Saya membutuhkan waktu sekitar 3,5 jam untuk mengisi daya hp ini dari kondisi low bat sampai full.

4x015

Untuk hp seharga 2.1 juta menurut saya Redmi 4X ini cukup layak untuk dibeli. Hampir di segala aspek punya keunggulan dibandingkan dengan smartphone dikisaran harganya. Dari segi desain yang cantik, layar yang baik, hardware yang sudah cukup mumpuni dengan RAM 3GB, dan kamera yang lumayan bisa diandalkan. Tapi, kalau tambah beberapa ratus ribu rupiah lagi sebenarnya kamu sudah bisa mendapatkan Redmi Note 4 bergaransi resmi yang spesifikasinya berbeda cukup signifikan. Tapi, kalau saya kurang terlalu suka dengan hp berukuran besar, andai saja yang diluncurkan di harga 2.1 juta itu Redmi 4 Prime ya?

Nah, bagi yang sudah punya Redmi 3S atau 3X bagaimana? Apakah worth it untuk upgrade ke Redmi 4X?

4x016

What's your reaction?
Love It
83%
Interested
17%
Meh...
0%
What?
0%
Hate It
0%
Sad
0%
About The Author
Hengky
Karyawan kantoran yang demen ngobrol soal gadget terutama smartphone.

Leave a Response