Gadgets
Now Reading
Oppo F3 Hands On
0

Oppo F3 Hands On

by Hendrik GunawanMay 11, 2017

Pada tanggal 4 Mei 2017 kemarin Oppo meluncurkan produk terbarunya yaitu Oppo F3, yang merupakan seri lanjutan dari Oppo F3 Plus. Saya berkesempatan untuk hadir di acara peluncurannya dan tidak lupa untuk menjajal produk yang masih mengandalkan keunggulan kamera selfie tersebut. Di sini saya akan berbagi pengalaman sewaktu hands on smartphone Oppo F3 dan berbagi informasi mengenai apa saja yang Oppo tawarkan di smartphone terbarunya ini.

DESAIN

Oppo F3 memiliki Layar sebesar 5.5″ dengan resolusi Full HD dan sudah memakai teknologi Enhanced In-Cell Screen Panel. Dengan teknologi tersebut maka layar smartphone ini dikatakan masih bisa terlihat baik di bawah terik matahari, dan juga kontras yang lebih tajam serta warna yang lebih vivid. Layarnya juga sudah dilapisi dengan Gorilla Glass 5. Smartphone ini dibalut dengan bahan metal, khas smartphone Oppo lainnya. Design language-nya tidak jauh berbeda dengan F1s, tetapi F3 ini lebih tipis 27% dibanding F1S berkat teknologi U-rail Spray. Ukuran smartphone ini overall lebih nyaman digenggam bagi yang lebih menyukai hp compact seperti saya dibandingkan dengan Oppo F3 Plus.

Ada 3 tombol kapasitif di bagian depan bawah Oppo F3 yaitu tombol home, back, dan multitasking. Tombol back dan multitaskingnya sudah disertai dengan backlight. Tombol homenya juga sudah disematkan fingerprint sensor. Fingerprint sensornya harus diakui sangat cepat, Oppo mengklaim hanya fingerprint sensor ini memiliki kecepatan sampai 0,2 detik.

HARDWARE

CPU di Oppo F3 menggunakan MediaTek MT675oT. Prosesor Octa-Core tersebut berbasis Cortex-A53 dan memiliki clock speed 1.5GHz. Untuk urusan grafis smartphone ini memakai GPU Mali-T860MP2. RAM-nya menurut saya sangat besar yaitu 4GB, begitu juga dengan internal memory-nya yaitu 64GB dan masih bisa diekspansi menggunakan microSD. Oppo F3 juga sudah Dual-SIM dan mendukung 4G yang artinya sudah lolos TKDN. Nah, yang saya suka dari perangkat Oppo adalah mereka tidak menggunakan sistem hybrid, jadi total terdapat 3 buah slot. Kapasitas baterai yang disematkan Oppo di F3 adalah sebesar 3,200mAh.

KAMERA

Oppo menyematkan kamera belakang sebesar 13MP. Sensor kamera belakangnya sebesar 1/3″ dengan ukuran pixel sebesar 1.12 µm. Auto fokus-nya sudah menggunakan Phase Detection Auto Focus (PDAF), maka tidak heran jika kinerjanya cepat. Cukup banyak mode yang ditawarkan di aplikasi kamera bawaannya, seperti Ultra HD, dan Expert Mode bagi yang ingin menggunakan kamera dengan kontrol seperti layaknya kamera professional.

Oppo-F3-Launching-9

Yang spesial disini adalah Oppo menggunakan dual camera untuk kamera selfie-nya. Sistem yang dipakai adalah 1 kamera dikhususkan untuk selfie dan 1 kamera lagi untuk group selfie. Kamera yang digunakan untuk selfie mempunyai resolusi sebesar 16MP dengan sensor sebesar 1/3″ dan bukaan f/2.0, sedangkan kamera untuk group selfie mempunyai resolusi 8MP dengan bukaan f/2.4 dan mempunyai angle of view sebesar 120°. Kamera selfie-nya juga sudah dibekali dengan mode beautify 4.0 dari Oppo.

Oppo dalam beberapa tahun ini sepertinya mengandalkan kamera sebagai nilai jualnya, dan memang sekarang ini kualitas kamera merupakan salah satu aspek terpenting yang dicari oleh pengguna smartphone. Sebetulnya dulu saya sempat meragukan kualitas kamera dari smartphone Oppo, tetapi setelah saya menjajal Oppo A39 (Review Oppo A39) saya percaya bahwa “Selfie Expert” bukan hanya jargon marketing saja. Dan walaupun lebih menonjolkan kamera selfie, kualitas kamera belakangnya juga tidak bisa diremehkan. Sebetulnya saya harus mencoba lebih dalam lagi untuk mengetahui kualitas kamera dari F3 ini, tetapi setidaknya sewaktu saya mencoba demo unit-nya memang sudah terlihat baik.

KESIMPULAN

Overall Oppo F3 merupakan smartphone yang patut diperhitungkan bagi yang mencari smartphone dengan kamera selfie yang berkualitas. Apalagi smartphone ini menawarkan sebuah teknologi yang trend-nya sedang naik saat ini yaitu dual camera. Oppo cukup cerdik dengan menempatkan sistem dual cameranya di depan sehingga dapat digunakan untuk selfie dan juga group selfie. Oppo F3 saat ini sudah bisa dipesan (Pre-Order) dengan harga Rp. 4.399.000 ,- Jika kalian tertarik bisa kalian pesan melalui link berikut ini: https://goo.gl/da44zg

Sekian hands on Oppo F3 dari saya, dan jika ada kesempatan saya akan menjajal produk ini dan membuat video reviewnya di channel Youtube kami. Bagi yang ingin melihat review smartphone Oppo dari kami silahkan kunjungi channel Youtube TrendingTek.

What's your reaction?
Love It
0%
Interested
100%
Meh...
0%
What?
0%
Hate It
0%
Sad
0%
About The Author
Hendrik Gunawan
Saya adalah seorang penikmat film, dan juga sangat suka mengikuti perkembangan teknologi. Saya merasa melalui teknologi, kita bisa membuat dunia menjadi lebih baik.

Leave a Response