Gadgets
Now Reading
Nexus 5X Review Indonesia
2
Review

Nexus 5X Review Indonesia

by September 19, 2016
Positives

Harga termasuk murah dengan spesifikasi di kelasnya.
Kamera belakangnya termasuk salah satu yang terbaik.
Pure Android.
Update Android dijamin cepat.
Front Facing Speaker.

Negatives

Desain terlihat murahan.
No SD Card slot.
Camera No OIS.

Rating
Our Rating
User Rating
Rate Here
Usability
9.0
9.4
Fun Factor
9.2
8.0
Quality
9.3
7.7
Playability
9.5
8.0
Materials
8.0
3.5
9.0
Our Rating
7.3
User Rating
1 rating
You have rated this

INTRODUCTION

Nexus, sebuah brand dari Google yang bekerja sama dengan para OEM berpengalaman. Google membuat nexus sebetulnya untuk mendemonstrasikan seberapa canggih OS android. Tetapi diluar dugaan ternyata peminatnya sangat banyak.

Di akhir tahun kemarin Google mengeluarkan 2 produk Nexus baru yaitu Huawei Nexus 6p dan LG Nexus 5X. Gw mulai tertarik dengan nexus itu semenjak Nexus S dan Galaxy Nexus. Tapi sebetulnya yang membuat gebrakan itu Nexus 4 dan bikin gw bener-bener pengen beli.

nexus-5x-review-indonesia-1b

Bayangin aja…desainnya cantik, spek-nya sangar, pake Vanilla Android dan update OS terjamin, custom ROM-nya berjibun. Lalu harganya cuma $199 doang. Manufakturnya oleh brand yang sudah terkenal pula, tapi…pas masuk sini sih jadinya lebih mahal lumayan sih.

nexus-5x-review-indonesia-2

Terus itu berlanjut ke Nexus 5 dan gw udah pake Nexus 5 ini sebagai daily driver selama 2 tahunan. Sekarang gw lagi mencari pengganti Nexus 5 gw, dan Nexus 5X ini adalah salah satu kandidatnya. Apakah layak???

DESAIN DAN LAYAR

Pasti banyak yang nanya kenapa gw nggk ambil 6P aja sekalian? Sebetulnya gw sangat tergiur sih, soalnya menurut gw desainnya cantik banget walaupun size-nya bongsor. Masalahnya 6P itu sasarannya untuk pasar premium jadi harganya itu loh…jauh diatas budget gw. (sewaktu membuat review ini harga 6P sekitar $499)

Sedikit flashback, sewaktu ngerilis Nexus 6 Strategi Google agak berubah lagi. Harganya jadi masuk ke level premium. Waktu itu gw nggak tertarik karena body-nya yang kelewat bongsor dan harganya yang mahal.

Nah, sedangkan 5X yang notabene suksesor dari Nexus 5 ini lebih affordable. Walaupun emang nggak se-affordable Nexus 4 dan 5 sih. Kebetulan gw bisa dapetin hp yang ROM-nya 32GB ini dengan harga $310.

Terus yang gw suka ukuran layar dan bodynya juga nggak terlalu bongsor. 5.2-inchi masih pas lah buat gw, walaupun agak kurang enak dioperasikan dengan 1 tangan. Panel layarnya pake IPS, jujur untuk karakteristik warna gw lebih suka IPS dibanding AMOLED karena lebih natural. Walaupun bukan pake AMOLED tapi ada ambient display di hp ini.

Resolusi layarnya nggak berubah dari Nexus 5 yaitu FULL HD. Ini bukan masalah sama sekali buat gw, kerapatan pixel-nya udah 423PPI dan berarti lebih tajem (rapat) juga dibanding iPhone 6S plus sekalipun.

nexus-5x-review-indonesia-5

Gw dari dulu juga mikir kalau resolusi Quad HD atau 4K untuk hp itu agak berlebihan, film hollywood aja nih sekarang ini rata2 resolusinya 4K (dan sekitar tahun 2010 masih QHD). Jadi resolusi bioskop nih, dipake di layar hp…gila gk tuh? Jadi menurut gw nggak penting. Tapi, untuk kedepannya sewaktu VR buat hp udah mainstream, bakal berguna sih layar hp dengan resolusi setinggi itu.

Desain 5X ini mirip dengan Nexus 5. Tapi jujur menurut gw masih bagus desain Nexus 5 dibanding 5X. Yang pertama, tombol power dan volumenya menurut gw terlihat murahan. Bentuknya persegi gitu doang dan bahannya dari plastik nggak ada finishing apa-apa.

Gw juga nggak suka dengan posisi tombol volume-nya yang dibawah tombol power, karena untuk mengambil screenshot jadi sedikit ribet.

nexus-5x-review-indonesia-8

Terus bahan belakangnya plastik doff, sama sih kayak Nexus 5. Tapi coba lo liat logo nexus dan LG-nya. Klo 5X tuh kyk cetakan biasa doang. Sedangkan Nexus 5 kyk di embossed jadi keliatan lebih keren.

Terus di belakang ada fingerprint sensor. Nah gw suka banget posisi ini nih, ambil hp dari kantong terus secara nggak sadar hp udah ke unlocked. walaupun kalau hp lagi diatas meja gw nggak berkutik sih, harus pake PIN ato diangkat. Lalu Nexus Imprint-nya juga cepet, dan bisa add fingerprints sampai dengan 5 buah.

KAMERA

nexus-5x-review-indonesia-9

Di atas fingerprint ada kamera 12MP dan menonjol. Tapi gw nggak masalah sama tonjolannya sih, masih keliatan bagus finishingnya. Nah kameranya ada Dual LED-Flash dan pake laser auto focus. Auto focusnya cepet (bagi yang belum pernah cobain kamera Galaxy S7 ya) performanya mirip2 lah sama phase detection.

Kamera di Nexus itu biasanya nggak terlalu bagus…apalagi Nexus 4 tuh, jauh dibawah harapan gw. Kalau kamera Nexus 5 sih udah mending jauh.

Nah Nexus 5X ini Hasil kameranya bagus. Gw suka banget, pas pegang hp ini gw jadi sering foto-foto. Walaupun 12MP doang, tapi sensornya cukup besar buat ukuran kamera hp, dan yang penting nih pixel size-nya tuh gede 1.55 micron. Bagi yang belum ngerti coba nonton video camera S7 dari kami ya….

Hasil foto low light on paper harusnya lebih bagus 5X dibanding S7. Tapi pas gw bandingin ternyata bagusan S7, 5X kelihatan lebih noisy….

Kamera depan 5MP-nya juga menurut gw dalam kategori bagus.

Apps kamera bawaan nexus nggak bisa manual control, tapi karena ini android jadi bisa pake apps 3rd party kalau mau foto manual atau ambil format RAW.

Bisa rekam video maximal 4K juga. Tapi sayang nggak ada OIS, tapi karena ini open source ada cara buat nyalain EIS. Hasil videonya juga menurut gw bagus dan tajem. Hp ini juga support manual control buat ngambil video tapi harus pake apps 3rd party.

Bisa slow motion tapi cuma bisa 120fps dengan resolusi 720p doang. Beda dengan Nexus 6P yang udah bisa sampe 240fps. Tapi tenang…karena ini Android Nexus, udah ada mod-nya yang bisa bikin hp ini rekam 240fps. Walaupun bitrate-nya rendah…

Katanya sih alasan Google nggak nyalain 240fps karena keterbatasan kinerja prosesor buat memproses video 240fps. Di Nexus 5X prosesornya pake Snapdragon 808 sedangkan di 6P pake 810.

PROCESSOR DAN HARDWARE

Prosesor 64-bit ini sebetulnya udah termasuk high-end, terus 808 dengan 810 itu basically sangat mirip. Jadi gini…kedua-nya pakai arsitektur big.little yang artinya ada 2 buah prosesor yang kerjanya gantian. 808 ini Hexa-Core sedangkan 810 itu Octa-Core. Nah 22-nya pake prosesor cortex-A57 buat kebutuhan high performance-nya. Tapi klo di 808 clock-nya 1.8Ghz dan hanya dual-core. Sedangkan di 810 itu clock-nya 2Ghz dan udah quad-core. By the way di 808 walaupun cmn dual-core tapi pasti lebih kenceng dibanding quad-core kelas menengah ya….

Terus untuk kebutuhan low performance dan konsumsi batre, keduanya pake prosesor yang sama yaitu Cortex-A53 quad-core dengan clock 1.5Ghz.

nexus-5x-review-indonesia-10

 

GPU 5X pake Adreno 418 dan RAM-nya 2GB. 2GB sebetulnya menurut gw cukup sih, komputer gw buat ngedit video di channel youtube TrendingTek aja RAM-nya 4GB. Dengan spek kayak gitu performa-nya bagus banget, termasuk high-end lah. Main game ringan sampai berat bisa dibabat habis.

LAINNYA

Posisi speakernya ada di depan, gw suka dengan posisi ini. Tapi sayang ternyata cuma 1, yang letaknya di bawah. kualitasnya lumayan bagus dan kenceng dalam kondisi agak berisik.

nexus-5x-review-indonesia-11

Kapasitas batrenya 2,700mAh. Bisa tahan sampe 1 sampe 1.5 hari untuk pemakaian normal gw. Nah yang asik nih, ada fast charging gw cuma butuh sekitar 1.5 jam buat charge full hp ini. Terus udah pake USB Type C juga.

Tapi sayang banget Google udah nggak masukin wireless charging disini.

CONCLUSION

nexus-5x-review-indonesia-12

Jadi apakah hp ini layak buat gantiin Nexus 5 gw?? Sebetulnya desainnya ini bikin gw ilfeel. Nggak seperti Nexus 5, 5X ini keliatan banget murah-nya. Yah walaupun bisa sih gw akalin sedikit dengan memakai skin.

Tapi selain itu gw puas banget. Gw memang setuju dengan banyak pendapat orang. Ini open source, tapi vanilla android jadinya enteng banget. Dan juga dengan pendapat yang mengatakan performanya kenceng, terus dapet jaminan update. Nah, itu yg gw suka dari nexus dari dulu, kalaupun gk ada official update lagi bakalan banyak custom ROM yang kasih.

Dan karena gw nggak memakai ecosystem dari Apple, jadi hp ini sangat flexible juga buat gw. Mau ngapa-ngapain enak….

nexus-5x-review-indonesia-13

Gw udah nyaman banget pake android sih, kustomisasi apapun bisa, Ngoprek sana sini juga enak. Terus kamera-nya juga termasuk bagus banget, apalagi untuk kelas Nexus.

Tapi yah itu, Sayang banget nih sama desainnya…apalagi sekarang ini hp 2 juta aja desainnya udah premium….

What's your reaction?
Love It
67%
Interested
33%
Meh...
0%
What?
0%
Hate It
0%
Sad
0%
About The Author
Hendrik Gunawan
Saya adalah seorang penikmat film, dan juga sangat suka mengikuti perkembangan teknologi. Saya merasa melalui teknologi, kita bisa membuat dunia menjadi lebih baik.
2 Comments
  • Dina Febriyani
    September 20, 2016 at 12:27 am

    3rd party camera apps yang dipakai apa ya yang dipakai?? Kok kayaknya gahar punya hehehe. Terimakasih sebelumnya..

    • Hendrik Gunawan
      September 20, 2016 at 1:19 am

      Oh untuk apps kameranya saya pakai Camera FV5, dan Cinema FV5 untuk bisa full manual control. Hehe…Terus kalau mau ambil video 240fps di Nexus 5X bisa coba googling Nexus 5X Camera Mods, ada yang share camera MOD-nya.

Leave a Response

Usability
Fun Factor
Quality
Playability
Materials