Gadgets
Now Reading
MIUI 8 Global Stable Redmi 3 Pro
3

MIUI 8 Global Stable Redmi 3 Pro

by Hendrik GunawanSeptember 21, 2016

Saya kemarin ini membantu flash ROM MIUI 8 global stable ke redmi 3 pro (prime) teman. Redmi 3 pro tersebut adalah garansi distributor dan disematkan ROM abal-abal yang penuh dengan adware. Adware-nya menurut saya sangat mengganggu, bahkan hampir setiap unlock device-nya pasti keluar ads. Nah setelah membuat video comparison antara redmi 3 series, saya penasaran perubahan apa saja yang diberikan MIUI 8 ke perangkat redmi 3 pro.

Saya hanya sempat mengotak-atik sebentar, jadi tidak semua fitur baru saya coba tetapi tampilan MIUI 8 ini berubah cukup drastis dari MIUI 7 dan terasa lebih segar. Lalu yang menarik terdapat fitur second space, yang intinya kita bisa membuat 2 profile di hp ini jadi seperti kita mempunyai 2 device dalam 1 hp. Kedua space tersebut bisa disematkan 2 account/profile yang berbeda, begitu juga dengan apps-nya.

Jika kita tidak ingin menggunakan second space tetapi ingin memakai aplikasi yang sama dengan 2 account yang berbeda, terdapat fitur dual apps di MIUI 8 ini. Jadi bagi yang suka memakai 2 account socmed, tidak perlu beli 2 hp lagi. HP Xiaomi yang sudah memakai MIUI 8 sudah mengakomodir kita yang ingin menggabungkan hp untuk bekerja dan pribadi dalam 1 perangkat. Selain itu sebetulnya ada perubahan dan penambahan fitur lain yang sepertinya baru akan saya bahas jika perangkat yang saat ini saya pakai (Redmi 3S/3X) sudah mendapatkan update MIUI 8.

Sebetulnya yang ingin saya cari tahu bukan fitur2 di MIUI 8, tetapi yang lainnya seperti apakah ada perubahan pada versi Android-nya? Sayang sekali update MIUI 8 untuk redmi 3 pro ini masih memakai android Lollipop versi 5.1.1. Dan saya coba install Antutu untuk melihat apakah ada perubahan di sisi GPU, dan ternyata memang masih memakai OpenGL versi 3.0, belum memakai OpenGL 3.1 seperti di Redmi 3S/3X.

 

Demikian sedikit pengalaman saya sewaktu mencoba sebentar MIUI 8 di redmi 3 pro. Mungkin saya akan membahas atau membuat video yang lebih lengkap jika perangkat saya sudah mendapatkan MIUI 8.

What's your reaction?
Love It
0%
Interested
50%
Meh...
0%
What?
0%
Hate It
0%
Sad
50%
About The Author
Hendrik Gunawan
Saya adalah seorang penikmat film, dan juga sangat suka mengikuti perkembangan teknologi. Saya merasa melalui teknologi, kita bisa membuat dunia menjadi lebih baik.
3 Comments
  • September 22, 2016 at 7:55 am

    Saya dah coba versi 8.0.2.0 di Redmi 3 saya. The impression is… good! Walaupun terkadang suka agak lag (masih penyesuaian?). Tapi penambahan fitur second space lumayan memudahkan penggunaan device saya…

    • Hendrik Gunawan
      September 22, 2016 at 10:18 pm

      Iya, tampilannya segar!! Nah, klo saya pas pertama kali berhasil flash dari ROM abal2 ke ROM Global Stable nge-boot pertama kali lama banget. Saya sempet kirain bootloop, tapi untungnya nggak. Terus pas factory reset ngeboot-nya lagi juga lama banget (lama-nya bener2 lama, nggk normal…hehe..soalnya saya sering flash custom ROM ke nexus 4 saya..), saya belum test lebih jauh sih jadi kurang tau MIUI 8 ini bikin lag apa nggak. Atau mungkin sebetulnya belum stabil kali ya? Kalau boleh tau dapet updatenya lewat OTA atau ngeflash sendiri nih?? Iya itu second space (dan dual apps) kyknya bakalan berguna bagi banyak orang disiini ya…hehe…

  • Reza
    July 25, 2017 at 9:54 am

    4G nya hilang ngk setelah d upgrade MIUI 7 ke 8 tuk xiaomi redmi 3 pro ? mohon infonya gan

Leave a Response