Gadgets
Now Reading
Google Mengumumkan Project Soli!
0

Google Mengumumkan Project Soli!

by Hendrik GunawanJune 2, 2015

Google melalui divisi Advanced Technology and Projects Group-nya (ATAP) mengumumkan sedang mengerjakan Project Soli. Project Soli pada dasarnya adalah sebuah motion controller yang tercanggih diantara motion controller lain yang ada sekarang. Motion controller sendiri adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk membaca pergerakan tubuh untuk mengontrol sebuah perangkat.

Yang spesial dari Project Soli dan berbeda dari motion controller lainnya adalah Project Soli menggunakan radar sebagai sensor utamanya. Radar tersebut berguna untuk mendeteksi pergerakan obyek melalui frekuensi gelombang radio yang tinggi, sedangkan motion controller yang lain menggunakan kamera sebagai sensor pendeteksi gerakan yang masih memiliki keterbatasan.

Sensor dari Soli dapat mendeteksi pergerakan sampai dengan 10.000 frames per second, sedangkan sensor kamera hanya mampu mendeteksi jauh dibawahnya. Lalu kelebihan lain dari penggunaan radar adalah ia dapat menembus beberapa tipe obyek, tidak seperti kamera yang tidak bisa tertutup oleh obyek apapun. Hal-hal tersebut memperlihatkan bahwa Soli akan menjadi motion controller yang memiliki tingkat akurasi yang tinggi dibandingkan dengan produk lain yang ada pada saat ini.
Pada saat mempresentasikan Project Soli di Google I/O, ATAP sepertinya lebih memfokuskannya untuk digunakan pada perangkat wearable seperti smartwatch. Mereka mengatakan sulit berinteraksi dengan perangkat wearable seperti smartwatch yang memiliki layar yang kecil, maka Soli bisa memberikan solusi untuk masalah tersebut.

Tetapi Project Soli sepertinya tidak akan dibatasi untuk perangkat wearable saja, terlihat dari chip radar kecilnya yang bisa dipasang diperangkat apapun bahkan di perangkat yang tidak memiliki layar. ATAP memberikan sebuah contoh mengontrol volume dan chanel sebuah radio analog hanya menggunakan gestur jari. Sensor dari Soli dapat mendeteksi pergerakan yang berjarak hingga 1 meter. Bayangkan nanti menggunakan Project Soli ini anda dapat mengontrol musik dari speaker bluetooth atau membuang notifikasi dari smartphone anda hanya menggunakan pergerakan jari anda. Kita tunggu saja kedatangannya.

via Mashable.

What's your reaction?
Love It
0%
Interested
100%
Meh...
0%
What?
0%
Hate It
0%
Sad
0%
About The Author
Hendrik Gunawan
Saya adalah seorang penikmat film, dan juga sangat suka mengikuti perkembangan teknologi. Saya merasa melalui teknologi, kita bisa membuat dunia menjadi lebih baik.

Leave a Response