Gadgets
Now Reading
Google I/O 2015 : Android M Untuk Developer Preview Diumumkan
0

Google I/O 2015 : Android M Untuk Developer Preview Diumumkan

by Hendrik GunawanMay 29, 2015

Google I/O 2015 baru saja dimulai, dan Google secara resmi mengumumkan developer preview untuk Android M. Berikut adalah fitur-fitur yang akan tersedia di Android M:

App Permision

Apps permission yang sempat ada di Android Jelly Bean disematkan kembali di Android M. Kali ini app permission dipermudah bagi user dan permission ini akan ditanyakan kepada user sewaktu kita memakai fiturnya di dalam aplikasi, bukan sewaktu kita menginstall aplikasi. Contohnya adalah sewaktu kita memakai fitur pesan suara di whatsapp untuk pertama kalinya, izin untuk aplikasi whatsapp untuk memakai microphone akan ditanyakan dahulu kepada user.

Chrome Custom Tabschrome-browsing-in-apps-sider-2

Apakah anda merasa repot jika ingin membuka link dari applikasi, anda harus membukanya dengan aplikasi browser terpisah? Atau merasa jengkel ketika link dibuka di native browser yang disediakan aplikasi, tetapi anda tidak bisa bookmarks atau melakukan hal lain yang terintegrasi dengan akun Google Chrome anda seperti sign in, save password, dll? Google sepertinya memberikan solusi dengan fitur Chrome Custom Tabs ini. Pada dasarnya developer apps bisa mengkostumisasi tabs Chrome dan mengintegrasinya ke dalam aplikasinya sehingga user memakainya seperti native browser dalam aplikasi tetapi dilengkapi dengan integrasi akun Google Chrome. Fitur ini sepertinya akan sangat berguna.

App Links

Dalam Android sebelum versi M, setiap kita membuka sebuah link pasti akan terus ditanya mau membuka link tersebut menggunakan aplikasi apa (jika anda menginstall banyak aplikasi yang fungsinya mirip di smartphone anda). Melalui app links ini developer dapat membuat link twitter (sebagai contoh) yang dishare dibuka secara otomatis menggunakan aplikasi twitter tanpa ditanya terlebih dahulu mau membuka menggunakan twitter, browser, atau aplikasi lainnya.

Android Pay dan Native Fingerprint Support

Android Pay pada dasarnya adalah reboot dari Google Wallet yang dirilis pada tahun 2012 lalu yaitu fitur pembayaran menggunakan smartphone Android. Anda dapat melakukan pembayaran menggunakan fitur NFC yang ada pada smartphone Android anda. Selain itu Android M mendukung native fingerprint scanner, dengan ini maka pihak ketiga tidak perlu menguras tenaga untuk membuat fitur fingerprint dalam smartphone mereka.

Doze

Dengan fitur Doze ini jika Android mendeteksi (melalui berbagai sensor) device anda tidak digunakan dalam waktu lama, maka device anda akan masuk ke dalam mode deep sleep. Tetapi sewaktu masuk ke dalam mode deep sleep, alarm dan notifikasi penting anda akan tetap berjalan di background. Sewaktu mereka coba bandingkan dengan Android Lolipop, Android M dengan fitur doze ini dapat bertahan hingga 2X lipat lebih lama.

Google juga mengumumkan Android M akan mendukung USB Type C yang sepertinya akan kita temui dalam gadget-gadget yang akan datang.

What's your reaction?
Love It
0%
Interested
0%
Meh...
0%
What?
0%
Hate It
0%
Sad
0%
About The Author
Hendrik Gunawan
Saya adalah seorang penikmat film, dan juga sangat suka mengikuti perkembangan teknologi. Saya merasa melalui teknologi, kita bisa membuat dunia menjadi lebih baik.

Leave a Response