Gadgets
Now Reading
Apple WWDC 2015 : iOS 9 Diumumkan
0

Apple WWDC 2015 : iOS 9 Diumumkan

by Hendrik GunawanJune 9, 2015

Pada hari senin waktu setempat Apple menggelar acara tahunan WWDC untuk para developer. Salah satu pengumuman yang besar dalam acara tersebut adalah iOS 9. Apple menyebut iOS 9 sebagai mobile OS yang tercanggih yang ada untuk saat ini. Jika dilihat terdapat berbagai peningkatan jika dibandingkan dengan iOS 8. Berikut peningkatan-peningkatan yang ada pada iOS 9:

Siri menjadi semakin pintar

Siri pada iOS 9 ini dijanjikan akan bekerja 40% lebih cepat dan hasil jawaban dari Siri akan menjadi 40% lebih akurat. Berbagai kemampuan tambahan juga disematkan ke dalam Siri terbaru ini seperti bisa mencari foto atau video dari tanggal atau lokasi. Siri juga dapat mengatur advanced reminders yang akan bekerja pada saat pengguna sampai pada suatu lokasi tertentu. Selain fitur, Siri juga mendapatkan UI yang baru dan segar.

iOS menjadi proaktif

iOS 9 akan mendeteksi berbagai variable seperti waktu, lokasi, konektifitas yang ada, dan digunakan untuk memprediksi berbagai hal seperti aplikasi apa yang mungkin pengguna butuhkan untuk dibuka. Contohnya seperti jika kita menyambungkan headphones ke perangkat, iOS 9 akan secara otomatis merekomendasi playlist yang kita pernah dengar. Lalu jika kita sering membuka suatu aplikasi dalam jam tertentu, iOS akan secara otomatis mengingat dan menanyakan apakah ingin membuka aplikasi tersebut pada jam dimana kita sering membuka aplikasi tersebut. Atau pada saat kita ada janji pada lokasi tertentu, iOS akan secara otomatis mengkalkulasi kondisi lalu lintas dan akan menyarankan kepada pengguna kapan waktu yang tepat untuk berangkat agar tidak terlambat. Dan juga jika kita mendapatkan panggilan dari seseorang yang tidak ada di kontak, iOS akan mencari email yang berhubungan dengan penelepon tersebut untuk keperluan menghubungkan kontak.

Multitasking

iOS 9 membawa peningkatan yang signifikan untuk menjalankan aplikasi berbeda dalam waktu yang sama. Di iOS 9 ini Apple membawa fitur yang dinamakan Split View, yaitu menjalankan dua aplikasi secara berdampingan. Pada saat menjalankan Split View ini, pengguna juga bisa melakukan interaksi langsung antara kedua aplikasi yang dijalankan seperti drag and drop items dari aplikasi yang satu ke aplikasi yang lainnya secara langsung. Selain itu ada fitur yang dinamakan picture in picture, dan pada dasarnya dengan adanya mode ini memungkinkan bagi kita untuk menjalankan video diatas aplikasi yang sedang kita jalankan (seperti floating video pada Android). Yang terakhir adalah fitur Slide Over. Dalam fitur ini pengguna bisa langsung membuka aplikasi lain pada saat sedang membuka suatu aplikasi tanpa menutup terlebih dahulu.
Tampaknya iOS 9 ini akhirnya akan membawa true multitasking ke dalam iOS seperti yang telah ada di Android atau Windows. Tetapi sayangnya tidak semua perangkat iOS mendapatkan fitur ini. Fitur Split View hanya akan didapatkan oleh pengguna iPad Air 2 yang diperkirakan karena perangkat iPad lainnya tidak memiliki spesifikasi yang cukup untuk menjalankan fitur tersebut. Kedua fitur lainnya akan didapatkan oleh pengguna iPad Air, iPad Air 2, iPad Mini 2, dan iPad mini 3. Sayang sekali iPhone sama sekali tidak disinggung.

Baterai dan Peningkatan Performa

Apple menjanjikan konsumsi baterai akan lebih hemat hingga 1 jam di iOS 9 ini. Dan terdapat pula fitur low power mode yang bisa menambah daya tahan baterai selama 3 jam. Di iOS 9 ini aplikasi iOS bekerja dengan Metal, yang menyediakan akses ringan ke GPU agar performanya menjadi halus. Hasilnya adalah scrolling menjadi cepat, animasi menjadi halus, dan terdapat peningkatan performa.

Apple Maps

Apple Maps dalam iOS 9 ini akan menyediakan Transit View yang berguna untuk melihat arah dan petunjuk untuk kendaraan umum. Fitur ini akan tersedia di berbagai kota di Amerika Serikat dan China.

Apple News

Apple News adalah aplikasi untuk membaca artikel berita dari berbagai sumber di internet. Pada dasarnya aplikasi ini mirip dengan aplikasi Flipboard. Apple membawa tampilan dan animasi yang cantik kedalam aplikasi ini, tetapi untuk saat ini News baru akan tersedia di Amerika Serikat, Australia, dan United Kingdom.

iOS 9 akan tersedia pada akhir tahun ini, dan pada bulan July akan dirilis sebagai public beta bagi yang ingin mencoba terlebih dahulu. iOS 9 akan tersedia pada perangkat iPhone 4s keatas dan pada hampir semua perangkat iPad.

Devices-that-will-get-iOS-9

via PhoneArena

What's your reaction?
Love It
0%
Interested
0%
Meh...
0%
What?
0%
Hate It
0%
Sad
0%
About The Author
Hendrik Gunawan
Saya adalah seorang penikmat film, dan juga sangat suka mengikuti perkembangan teknologi. Saya merasa melalui teknologi, kita bisa membuat dunia menjadi lebih baik.

Leave a Response