Gadgets
Now Reading
Apple iPad Pro Diluncurkan
0

Apple iPad Pro Diluncurkan

by Hendrik GunawanSeptember 10, 2015

Apple baru saja mengumumkan iPad Pro, yakni sebuah tablet dengan ukuran besar atau hampir setara dengan ukuran layar laptop berukuran sedang. Layarnya memiliki ukuran 12.9 inchi beresolusi 2732 x 2048/264 ppi, dan tentunya akan mendukung multi-tasking dan split-screen dari iOS 9. Layar dari iPad Pro ini juga memakai teknologi yang sama dengan iMac with Retina 5K dalam menampilkan pixel ke layarnya.

iPad-Pro (3)

 

Apple iPad Pro menggunakan prosesor Apple A9X terbaru sebagai otaknya dan diklaim 1.8X lebih cepat dibandingkan dengan Apple A8X, dan juga lebih cepat dibandingkan dengan 80% Portable PC yang dirilis dalam 1 tahun belakangan ini. Phill Schiller, Marketing Chief Apple, mengatakan bahwa GPU di iPad Pro ini memiliki performa 2X lipat dibandingkan dengan pendahulunya, untuk itu performanya akan lebih cepat 90% dibandingkan dengan Portable PC yang ada saat ini. Dengan chip tersebut mereka mengklaim bahwa iPad Pro dapat dengan mulus menangani 3 video editing sekaligus dengan resolusi 4K dan baterainya akan bertahan selama 10 jam selama proses tersebut.

Apple iPad Pro juga disematkan sensor Touch ID, 8MP iSight Camera, Facetime HD Camera. Selain itu, Apple juga menyematkan 4 buah stereo speaker di perangkat ini. Tablet raksasa ini hanya memiliki ketebalan 6.9mm.

Apple Pencil dan Keyboard Case

Apple juga mengumumkan aksesoris tambahan untuk mendukung iPad Pro, dan yang pertama adalah Apple Pencil. Apple Pencil pada dasarnya adalah sebuah stylus yang didesain khusus untuk digunakan pada iPad Pro. Terdapat sensor sensitivitas yang mirip dengan S-Pen Samsung atau pen tablet Wacom pada Apple Pencil, sehingga dapat membaca tingkat tekanan pada goresan yang kita lakukan. Permukaan layar iPad Pro memiliki teknologi yang akan secara otomatis mendeteksi Pencil untuk meningkatkan tingkat akurasinya. Sayangnya Apple Pencil membutuhkan daya baterai untuk digunakan, baterainya bisa bertahan hingga 10 jam dan bisa dicharge dengan menyambungkan ke iPad Pro melalui lightning port.

iPad-Pro (1)

Selain itu Apple juga mengumumkan aksesoris keyboard resmi yang dapat dihubungkan dengan iPad Pro hanya dengan menghubungkan konektor magnetic ke tablet, sehingga tidak dibutuhkan koneksi bluetooth ataupun daya untuk menghubungkannya. Kedua aksesoris tersebut dijual terpisah dengan harga $99 untuk Apple Pencil dan $169 untuk keyboard case-nya.

Untuk memaksimalkan fitur-fitur tersebut, Apple bekerja sama dengan Microsoft yang membuat aplikasi Office khusus dengan dukungan Apple Pencil dan fitur split-screen. Selain Microsoft, Adobe juga memberikan demo mengenai aplikasi Photoshop Fix dan Adobe Sketch yang memaksimalkan fitur dari Apple Pencil.

Apple iPad Pro dijual dengan harga $799 untuk versi 32GB/Wi-Fi, $949 untuk versi 128GB/Wi-Fi, dan $1,079 untuk versi 128GB dengan konektifitas LTE.

via PhoneArena, TheVerge.

What's your reaction?
Love It
0%
Interested
0%
Meh...
100%
What?
0%
Hate It
0%
Sad
0%
About The Author
Hendrik Gunawan
Saya adalah seorang penikmat film, dan juga sangat suka mengikuti perkembangan teknologi. Saya merasa melalui teknologi, kita bisa membuat dunia menjadi lebih baik.

Leave a Response